KETERAMPILAN MENGAJAR
1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran;
Keterampilan membuka pembelajaran bertujuan mengkondisikan agar siswa siap untuk menerima pembelajaran dari guru. Keterampilan membuka pelajaran terdiri dari salam, do'a, presensi, memberi motivasi dan perhatian, serta apersepsi ke siswa.
Keterampilan menutup pembelajaran terdiri dari meninjau kembali inti materi (menyimpulkan) atau menjawab tujuan pembelajaran oleh siswa, memberi reinforcement atau penguatan, pemberian latihan soal atau tugas, dan salam.
2) Keterampilan bertanya;
Keterampilan bertanya dilakukan dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa, memberikan jedah waktu untuk siswa berpikir jawabannya, dan adanya pemindahan atau giliran pertanyaan ke siswa.
3) Keterampilan menjelaskan;
Keterampilan menjelaskan berkaitan dengan penguasaan materi. Keterampilan ini meliputi kemampuan menjelaskan ketepatan konsep dasar, penguatan contoh/ilustrasi, pengorganisasian, dan penekanan hal penting.
4) Keterampilan mengadakan variasi;
Keterampilan mengadakan variasi bertujuan agar pembelajaran menarik, menyenangkan, dan interaktif. Keterampian ini meliputi (a) Variasi gaya mengajar (variasi suara, gerak badan dan mimik, mobilitas posisi, memberi kontak pandang), (b) Variasi penggunaan media dan bahan pembelajaran. c. Variasi pola interaksi dan kegiatan: demonstrasi, diskusi, praktikum dan yang sejenisnya.
5) Keterampilan memberi penguatan;
Keterampilan memberi penguatan dilakukan pada kata, kalimat atau rumus yang penting dengan menggunakan spidol warna biru, merah, atau hijau, pemberian garis bawah atau kotak, dan pengucapan berulang untuk menunjukkan bahwa kata, kalimat, atau rumus tersebut sangat penting.