KETERAMPILAN MENGAJAR (Lanjutan)

5) Keterampilan memberi penguatan;

Pemberian penguatan dapat dilakukan secara verbal dan non verbal untuk memotivasi siswa. Penguatan secara verbal dapat dilakukan dengan memberi pujian seperti kata bagus, pintar, keren, pekerjaanmu bagus, teliti, sapaan mas/mbak, dan lain-lain. Penguatan secara nonverbal dapat dilakukan dengan (a) mimik dan gerak badan (gestur) seperti tepuk tangan, ajungan jempol, senyuman, dan anggukan kepala; (b) Mendekati siswa yang sedang mengerjakan tugas di kelas; (c) sentuhan seperti menepuk bahu dan berjabat tangan.  

 

6) Keterampilan mengelola kelas;

Keterampilan mengelola kelas berfungsi untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif untuk pembelajaran. Keterampilan ini dapat dilakukan dengan menata kelas atau siswa sesuai strategi pembelajaran yang digunakan. Misal untuk pembelajaran dengan presentasi maka tempat duduk diatur sesuai dengan kelompoknya masing-masing, jika ceramah maka tempat duduknya berderet ke belakang, dan lain-lain   


 

7) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.

Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil bertujuan agar siswa dapat melakukan proses diskusi secara efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Guru mengatur siswa dan tempat duduk sesuai dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Adapun yang dilakukan guru yaitu a) memusatkan perhatian, b) memperjelas masalah, c) menganalisis pandangan siswa, d) mengingatkan kontribusi siswa, e) mendistribusikan partisipasi siswa, dan f) menutup diskusi.

8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Keterampilan mengajar kelompok kecil berisi 3 – 5 orang siswa dan perorangan untuk mengajar individu atau personal.

5) Keterampilan memberi penguatan;

Pemberian penguatan dapat dilakukan secara verbal dan non verbal untuk memotivasi siswa. Penguatan secara verbal dapat dilakukan dengan memberi pujian seperti kata bagus, pintar, keren, pekerjaanmu bagus, teliti, sapaan mas/mbak, dan lain-lain. Penguatan secara nonverbal dapat dilakukan dengan (a) mimik dan gerak badan (gestur) seperti tepuk tangan, ajungan jempol, senyuman, dan anggukan kepala; (b) Mendekati siswa yang sedang mengerjakan tugas di kelas; (c) sentuhan seperti menepuk bahu dan berjabat tangan.  

 

6) Keterampilan